[Diet Maag (Gastritis)]
rama rafael
Makanan yang dipantang bagi penderita gastritis?
16:48 04/08/2021
Dias Rindiannisa, S.Gz ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya Berikut jenis-jenisnya ya, untuk camilan, sebaiknya konsumsi buah-buahan ramah lambung, seperti melon, semangka, pisang, mangga, pepaya, apel atau pir. Hindari segala jenis makanan yang bersifat asam. Utamanya, buah-buahan seperti nanas dan buah sitrus (jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis). Hindari makanan-makanan yang memicu keluhan. Beberapa makanan dikenal bisa memicu keluhan mag, seperti cokelat, gorengan, dan makanan berminyak lainnya. Selain itu, ada juga makanan pedas dan bumbu seperti cabai, merica, paprika, serta makanan yang memproduksi gas seperti sawi, kol, kubis, dan nangka. Hindari minuman bersoda dan yang mengandung kafein. Kopi memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, bila konsumsinya memperburuk keluhan mag, sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, konsumsilah teh hijau, yang lebih ramah lambung. Teh hijau mengandung anti-peradangan dan memiliki kadar kafein yang jauh lebih rendah ketimbang kopi. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa konsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan. Salam Sehat
12:35 11/10/2021