[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Dyan Rum
Makanan apa saja yg boleh dimakan saat diet
11:44 05/08/2021
Hallo Kak Dian,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan makanan berdasarkan jenis Zat Gizinya:
1. Karbohidrat
Ada beberapa sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, antara lain:
Biji-bijian, seperti quinoa
Gandum
Sayur, seperti jagung, kentang, dan ubi jalar
Buah, seperti buah naga, pisang dan apel
Kacang-kacangan, seperti kacang merah
Memilih karbohidrat yang tepat dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih lambat, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Seperti halnya gandum yang diketahui mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.
Tak hanya itu, memilih jenis karbohidrat yang baik juga dapat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula agar tetap seimbang.
2. Protein > Susu beserta produk olahannya, termasuk yoghurt, adalah sumber protein yang baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Hal ini karena yoghurt memiliki nutrisi penting, seperti kalsium, serta kandungan yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan menghambat penumpukan lemak.
Saat menjalani program diet, Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan kandungan rendah gula dan rendah lemak.
Selain yoghurt, telur juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena mengandung protein yang tinggi. Anda bisa menjadikan telur sebagai bagian dari menu sarapan agar dapat merasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang.
Sumber protein lainnya yang tak kalah penting, meliputi:
Makanan laut (seafood)
Daging tanpa lemak
Kacang-kacangan
Selain itu, oatmeal juga diketahui dapat mengurangi berat badan karena mengandung protein dan serat yang tinggi. Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu sarapan dan mencampurnya dengan yoghurt tanpa gula atau buah.
3. Lemak > Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk ditambahkan ke dalam menu makanan sehat Anda. Lemak jenis ini bisa menjadi salah satu sumber asam lemak dan kalori yang dibutuhkan tubuh ketika berolahraga. Tak hanya itu, lemak tak jenuh juga bisa meredakan paradangan.
Beberapa sumber lemak tak jenuh yang bisa Anda konsumsi, meliputi:
Alpukat
Kacang-kacangan
Biji-bijian
Zaitun
Minyak zaitun.
Selain itu, minumlah air putih yang cukup karena dapat menjaga fungsi sistem pencernaan Anda. Minum air putih juga dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membakar lebih banyak kalori.
Semoga Membantu 🙂
07:37 19/12/2021