[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Cara menggemukan badan
17:26 05/08/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: 1. Mengonsumsi makanan lebih sering Apabila berat badan Anda kurang sehingga tampak terlalu kurus, Anda disarankan untuk makan lebih sering. Hal ini bertujuan untuk menambah asupan kalori dan Gizi yang diperlukan tubuh guna meningkatkan berat badan. Jika tidak dapat menghabiskan makanan dalam porsi banyak, cobalah untuk makan dalam porsi sedikit namun lebih sering. Misalnya, dengan meningkatkan frekuensi makan hingga 5 atau 6 kali sehari, tapi dalam porsi yang lebih sedikit. 2. Memilih makanan dengan lebih cermat Jika ingin menambah berat badan, Anda harus lebih cermat dalam memilih makanan. Pastikan makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung nutrisi yang dapat mendukung peningkatan berat badan, misalnya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta beragam vitamin dan mineral. Makanan tinggi protein dapat meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Sementara itu, karbohidrat dan lemak pada makanan berfungsi untuk menambah jaringan lemak dan mencukupi kebutuhan energi. Anda bisa mendapatkan protein dan lemak dengan mengonsumsi daging, ikan, kacang-kacangan, telur, serta tahu dan tempe. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, Anda bisa mengonsumsi roti gandum, gandum utuh atau sereal gandum, nasi merah, serta aneka buah dan sayuran. 3. Mengonsumsi makanan berlemak baik Salah satu asupan Gizi yang perlu dipenuhi untuk menggemukkan badan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6. Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan. 4. Memperbanyak minum susu > Susu dan produk olahannya, misalnya keju dan yoghurt, merupakan sumber lemak, kalori, dan protein yang baik. Tak hanya itu, susu juga banyak mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Dengan rutin minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, berat badan Anda bisa bertambah. Untuk menggemukkan badan, Anda dapat minum susu, baik susu sapi murni atau susu penggemuk badan, sebanyak 1 atau 2 gelas per hari. 5. Berolahraga secara rutin > Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga berperan penting dalam menggemukkan badan. Dengan berolahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, berat badan akan meningkat. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan Gizii Anda bisa lebih tercukupi. 6. Tidak merokok > Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering merokok lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau justru kurang. Kebiasaan kurang sehat ini juga diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggemukkan badan, segera hentikan kebiasaan merokok, ya. 7. Beristirahat yang cukup > Untuk meningkatkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda disarankan untuk istirahat atau tidur yang cukup setiap malamnya. Tidur yang cukup diketahui berperan dalam mendukung proses pembentukan jaringan tubuh. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7–9 jam setiap malam. Selain dengan berbagai cara menggemukkan badan secara alami di atas, Anda juga disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan tersebut tidak sehat dan rendah akan kandungan Gizi yang diperlukan tubuh. Perlu diingat pula bahwa proses menggemukkan badan tidak ada yang instan. Anda membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan. Semoga Membantu 🙂
07:54 19/12/2021