[Lainnya......]
anonim
diet untuk batu empedu
19:55 07/08/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate: 1. Sayuran dan buah-buahan Penderita batu empedu disarankan untuk memperbanyak asupan serat yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Selain kaya akan serat, kedua jenis makanan ini juga banyak mengandung antioksidan, magnesium, dan vitamin C yang dapat mencegah pembentukan batu empedu. 2. Whole grains Whole grains atau biji-bijian utuh juga merupakan kelompok makanan yang baik untuk batu empedu. Makanan yang termasuk whole grains ini meliputi gandum, jelai, oat, nasi coklat, dan sereal. 3. Minyak ikan dan minyak zaitun Minyak ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko timbulnya batu empedu. Konsumsi minyak ikan dan minyak zaitun juga dapat membantu pengosongan kantung empedu secara sehat dan teratur. 4. Daging rendah lemak Daging merah yang tinggi lemak umumnya bukan merupakan makanan yang baik bagi penderita batu empedu. Oleh karena itu, gantilah daging merah dengan daging ayam tanpa kulit atau ikan, karena kedua jenis makanan ini mengandung lemak yang lebih sedikit. 5. Makanan lainnya Makanan lain yang juga baik untuk meringankan dan mencegah batu empedu adalah tahu, tempe, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya (misalnya yoghurt). Namun, susu yang dikonsumsi harus rendah lemak. _ Disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Semoga membantu 🙂 Jika masih ad yg ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya,,, Terimakasih 🙏🙏🙏
06:14 09/08/2021