[Masalah Berat Badan]
anonim
assalamualaikum dok, saya memiliki masalah tubuh yg tidak ideal. usia saya 18 thn menuju 19, tapi berat badan saya masih 30an sepertinya, dan pertumbuhan tingga badan sayapun lambat karna saya termasuk pemilik tinggi badan kira2 150cm kurang dan tubuh yg kecil. dan saya sulit sekali untuk menaikan berat badan meskipun saya sudah coba selalu makan 5x sehari.. kira2 apa ya masalahnya? adakah yg harus saya konsumsi seperti susu khusus untuk menaikan berat badan? atau saya harus minum obat cacing terlebih dahulu? atau yang lainnya? ditunggu jawabannya, terimakasih..
07:02 22/01/2019
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Waalaikumsalam wr.wb.
Terimakasih sudah menggunakan layanan ahligiziId sebelumnya.
Jika dihitung dengan rumus indeks massa tubuh (IMT) maka Anda berada pada status sangat kurus.
Pada usia Anda, masih memungkinkan terjadinya kenaikan tinggi badan dengan catatan tulang epifisis Anda belum menutup. Seringlah lakukan olahraga sperti melompat (basket, skipping, naik turun tangga) untuk mempercepat penyerapan Kalsium dalam tubuh Anda. Hindari minuman bersoda dan berkafein yang dapat mengganggu penyerapan kalsium. Tingkatkan konsumsi protein, kalsium, dan zink. Biasanya zat gizi ini sudah tersedia dalam susu komersial.
Berat badan yang cenderung tidak naik memang dapat disebabkan oleh cacing. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terkait gejala yang Anda punya sehingga dokter dapat.memberikan resep obat yang cocok dengan kondisi Anda.
Diet menaikkan berat badan dapat dilakukan jika asupan Anda mampu memenuhi aktivitas fisik Anda. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang padat energi seperti susu misalnya. Jika aktivitas Anda banya maka imbangi dengan konsumsi energi dan istirahat yang cukup. Anda juga bisa tambahkan konsumsi kacang-kacangan yang tinggi energi dan mengandung lemak esensial. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi minyak yang sehat seperti minyaknzaitun atau minyak kelapa.
Semoga bermanfaat!
14:45 23/01/2019