[Bayi & Balita]
sarah widianisa
Kenapa bayi baru 6 bulan gak mau buka mulut nya untuk dikasih mpasi? Cara mengatasinya gimana?
09:56 09/08/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda Sarah, salah satu alasan utama mengapa Si Kecil sering menutup mulutnya saat makan adalah inappropriate feeding practice. Pemberian makan yang tepat pada anak tidak hanya proses pemberian makannya saja, namun Bunda perlu memperhatikan kondisi lainnya, seperti waktu pemberian makan, banyaknya jumlah makanan yang dikonsumsi, kualitas makanan, dan penyajian makanan yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak.
11:20 14/09/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Selain itu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh Si Kecil yang mungkin bosan dengan menu makanan yang disajikan, trauma, daya tahan tubuhnya sedang menurun, adanya gangguan pada mulut dan giginya (misal sariawan atau tumbuh gigi), dan sebagainya. Untuk membantu mengatasinya, berikut tips yang dapat Bunda lakukan: 1. Berikan makanan dalam porsi yang kecil namun sering 2. Kurangi camilan mendekati waktu makan besar 3. Atur waktu makan yang rutin, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur 4. Buat waktu makan yang menyenangkan, misalnya sajikan makanan dengan tampilan yang menarik dan suasana ceria 5. Minimalisir stres di saat makan misalnya dengan tidak komplain, berteriak, atau memaksa anak untuk makan. 6. Makan di meja makan dan kurangi distraksi, misalnya televisi, handphone, dsb. 7. Gunakan peralatan makanan yang disukai Si Kecil 8. Ajak anak makan bersama dengan anggota keluarga yang lain dan beri contoh baik dengan makan makanan sehat 9. Batasi waktu makan maksimal 30 menit 10. Tetap berikan menu makanan yang bervariasi.
11:21 14/09/2021