[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Dok, mau minta solusi nih... Aku kan lagi diet untuk menurunkan bb, aku kombinasi OCD dan kalori defisit. BMR aku sekitar 1200 dan angka amannya kan kalau untuk menurunkan berat badan harus diatas BMR dan di bawah TDEE, nah aku udah mengganti pola makan aku yang semula berantakan, tapi aku type orang cepet kenyang jadi aku makannya hampir tiap hari pasti di bawah BMR karena yang aku makan kalorinya cenderung sedikit kaya sayur, buah dan protein nabati.Terus kalau dipaksa sampai BMR itupun di perut kaya penuh banget rasanya, dan metabolismeku susah banget padahal aku juga udah konsumsi air min.2 liter, makannya juga udah aku atur dari segi jenis dan kandungan makronya + tinggi serat, tapi bab aja masih susah. Solusinya gimana ya dok? :'>
15:39 22/01/2019
Chynthia Wulan Gusti, S. Gz ahligizi
selamat siang, terima kasih sudah bertanya di dietducate. diet untuk menurunkan berat badan sebenarnya yang efektif yaitu dengan melakukan pengaturan asupan makan disertai dengan olahraga. sebaiknya untuk asupan diusahakan minimal mencapai BMR karena BMR sendiri berguna untuk kerja organ di tubuh kita seperti jantung, paru-paru, dll. jika kebutuhan BMR tidak tercukupi akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemas. solusinya jika mudah kenyang yaitu menambah frekuensi makan, seperti yg tadinya 3x/hari bisa menjadi 5x/hari dengan porsi yg lebih sedikit namun frekuensi makan menjadi sering. olahraga angkat beban dianjurkan untuk menurunkan berat badan karena selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, juga dapat meningkatkan massa tubuh bebas lemak. solusi untuk susah BAB bisa dibantu dengan olahraga seperti yoga, kardio (jogging, berenang)
13:47 17/02/2020