[Bayi & Balita]
anonim
Usia 27 bln, laki2, bb 9.7 tb 79. Susah makan, sering sakit. Gimana cara mengatasinya?
06:20 12/08/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda, untuk berat badan Si Kecil tergolong sedikit kurang karena standar berat badan anak laki-laki usia 27 bulan sekitar 10.1-16.1 kg. Tinggi badannya juga sedikit kurang karena rata-rata tinggi badan anak laki-laki usia 27 bulan adalah sekitar 83.1-96.1 cm.
Untuk membantu mengatasinya, berikut tips yang dapat Bunda lakukan:
1. Berikan makanan dalam porsi yang kecil namun sering
2. Kurangi camilan mendekati waktu makan besar
3. Atur waktu makan yang rutin, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur
4. Buat waktu makan yang menyenangkan, misalnya sajikan makanan dengan tampilan yang menarik dan suasana ceria
5. Minimalisir stres di saat makan misalnya dengan tidak komplain, berteriak, atau memaksa anak untuk makan.
6. Makan di meja makan dan kurangi distraksi, misalnya televisi, handphone, dsb.
7. Gunakan peralatan makanan yang disukai Si Kecil
8. Ajak anak makan bersama dengan anggota keluarga yang lain dan beri contoh baik dengan makan makanan sehat
9. Batasi waktu makan maksimal 30 menit
10. Tetap berikan menu makanan yang bervariasi.
Nah, untuk kenaikan berat badan Si Kecil yang kurang optimal ini kemungkinan besar memang disebabkan kurangnya asupan makanan akibat susah makan yang dialami. Asupan makanan juga tidak terbatas pada jumlahnya saja Bun, tetapi juga kualitasnya yaitu asupan makanan untuk Si Kecil harus memiliki porsi gizi yang seimbang, yakni mengandung semua zat gizi makronutrien yaitu zat gizi yang dibutuhkan Si Kecil dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan hanya dalam jumlah yang kecil, seperti vitamin dan mineral.
Bunda juga dapat melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk memastikan penyebab berat badan Si Kecil susah naik, seperti apakah ada gangguan kesehatan seperti tuberculosis, cacingan, anemia defisiensi besi, dan sebagainya.
15:54 17/09/2021