[Masalah Berat Badan]
Rina Saraswati
Halo dok,,sy mau tanya. Buah apa saja yg baik dikonsumsi saat diet? Apakah boleh konsumsi semua jenis buah-buahan (bukan buah tertentu)? Karbohidrat komplek itu apa aja dok? Apakah oatmel (quaker oat) bisa untuk diet?
06:34 24/01/2019
Lini Anisfatus Sholihah, S.Gz., M.Sc. ahligizi
Halo!
Terimakasih sudah menggunakan ahligiziID.
Pada prinsipnya, diet penurunan berat badan akan menjadi lebih efektif dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan disertai olehraga. Makanan tinggibserat ini selain berfungsi memberikan efek mengenyangkan yang lebih lama juga mengandung energi tercerna lebih rendah dibandibgkan dengan yang lain.
Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang monomer penyusunnya adalah polisakarida, bukan monosakarida maupun disakarida. Karbohidrat sederhana contohnya adalah gula. Proses pemecahan karbohidrat kompleks lebih lama dan lebih sulit sehingga bagus untuk diet penurunan bb.
Karbohidrat kompleks terdiri dari serat pangan dan pati. Contoh makanan yg mengandung serat antara lain: ubi, buah seperti pisang yang masih dominan hijau, dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan yang mengandung pati antara lain: serealia, oat pun termasuk ke dalamnya.
Semoga bermanfaat.
07:42 24/01/2019