[Bayi & Balita]
gabriellz kahesti
Malam dok... Saya linda punya anak perempuan berusia 4 thn 2 bulan dengan bb 13,5kg tb 85cm... Anak saya ini makan apa aja mau... Nasi, roti, sayur, ayam, ikan, daging semua di makan... Tetapi setiap kali makan di simpan di mulut(males ngunyah) dan bisa sampai 1jam sekali makan... Setiap di tanya kenapa kok gak mau ngunyah katanya takut muntah.. Karna pernah satu waktu dia makan banyak dan muntah2... Gimana yaa dok?? Terima kasih...
11:41 25/01/2019
Chynthia Wulan Gusti, S. Gz ahligizi
selamat siang kak linda, terima kasih sudah bertanya di dietducate. berdasarkan tinggi badan menurut umur, ananda tergolong sangat pendek, mungkin salah satu penyebabnya karena malas mengunyah makanan sehingga berpengaruh terhadap proses penyerapan asupan gizi yang kurang sempurna ditubuhnya yg mengakibatkan pertambahan tinggi badannya kurang optimal. hal ini bisa diatasi melalui beberapa cara : 1. sediakan menu makanan yg bervariasi, baik dari segi bentuk, warna, tekstur, hingga rasa sehingga anak akan merasa tertantang dan tertarik untuk mencoba memakannya. bisa juga diberikan makanan lunak atau berkuah sehingga mempermudah anak untuk mengunyah dan menelan. 2. berikan anak contoh saat makan, sehingga anak bisa melihat dan meniru. buat juga suasana makan menjadi menyenangkan sehingga anak lupa dengan pengalaman buruknya dulu saat makan banyak lalu muntah. jika anak belum terbiasa, jangan memaksa. tetap coba kembali namun perlahan 3. coba ubah frekuensi pemberian makan anak menjadi lebih sering. misal dari yg awalnya makan 3x/hari bisa menjadi 5x/hari dengan porsi yg lebih sedikit dari biasanya
14:19 17/02/2020