[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Ramanda Iel
dokter, umur saya 21 tahun, diusia saya, sering bngt ngalamin sakit kaki, terutama bagian persendian, kemudian saya konsul ke dokter orthopedi, beliau bilang saya harus menurunkan berat badan terutama bagian paha dan perut saya, pdhl bb saya 58 dan tb saya 160, itu termasuk normal, dan dokter ortho menyarankan saya ke bagian gizi buat menjalankan diet dengan mengatur pola makan dan hidup, kemudian jg disarankan untuk tidak workout yg berat , jadi apa yg harus saya lakukan ya dokter?
21:53 23/08/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Untuk workout bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau bersepeda santai. Pemeriksaan selanjutnya bisa ke dokter spesialis reumatologi.
Untuk pengaturan makan saat ini, dibatasi asupan makanan laut, jeroan sapi ayam kambing, daging merah daging olahan, minuman manis, minuman alkohol.
Makanan yang boleh dikonsumsi secara terbatas ikan daging putih, kacang merah, kacang hijau, jamur, biji bijian, sereal, oatmeal, ayam dan bebek.
Hindari kondisi dehidrasi, malas gerak dan minum obat tanpa sepengetahuan dokter.
12:33 22/01/2022