[Lainnya......]
Lia Hapsari
Selamat siang, izin bertanya bagaimana mekanisme kebiasaan konsumsi kopi dengan kejadian anemia?
14:00 24/08/2021
Nur Mupriyus Niawatin S.Gz ahligizi
Halo Lia, terima kasih sudah bertanya di aplikasi dietducate..
Anemia adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan Fe (Zat besi). Tubuh dapat menyerap zat besi dari makanan secara optimal jika kondisi lambung asam. Oleh sebab itu, makanan yang tinggi kadar zat besinya sangat baik dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang asam, seperti jus jeruk, air lemon, dan lain-lain.
Lalu apa hubungan kopi dengan anemia ?
Beberapa makanan ternyata dapat menghambat penyerapan zat besi, sehingga zat besi yang kita konsumsi terbuang melalui tinja (tidak diserap). Di antaranya adalah produk kopi, teh, dan coklat karena makanan ini mengandung zat polifenol yang dapat menghambat penyerapan zat besi.
Tapi, bukan berarti kita harus menghindari teh, kopi, atau coklat tersebut. Yang perlu dilakukan adalah sebaiknya tidak mengkonsumsi hal-hal tersebut bersamaan dengan makan utama.
Semoga membantu ya 😊
14:19 24/08/2021