[Masalah Berat Badan]
Maydinda Nur Maharani
Assalamu'alaikum 🙏 Permisi kak, saya mau tanya untuk BB 60kg Tinggi 162cm bagaimana cara menurunkan berat badan yang baik dan badan tidak terlalu bergelembir Terimakasih ❤
08:34 31/08/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Ka Maydinda Nur, Berdasarkan BB dan TB mu saat ini status gizimu masih tergolong normal ya.. yaitu (22,87 kg/m2). Sedangkan untuk berat badan ideal sekitar 55,8 kg.
Untuk mempertahankan dan mencapai Berat badan ideal, kamu bisa lakukan langkah berikut :
* Diet Rendah Kalori yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah), dan di sesuaikan dengan kebutuhan kalori harianmu
* Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan.
* Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit
* Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB
* Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif.
*Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk
Selanjutnya, berikut tips nih biar perut kamu gk bergelambir setelah diet :
1. Olahraga untuk Membentuk Otot, misalnya angkat beban, push up, atau squat
2. Konsumsi makanan yang mengandung protein tapi rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, ayam bagian dada tanpa kulit, hindari jeroan, kikil, dan yang dimasak dengan cara digoreng
3. Konsultasikan ke dokter kulit, hal ini bertujuan agar mendapatkan tindakan yang tepat apabila setelah olahraga dan diet tidak memberikan efek apapun untuk mengatasi perut bergelambir kamu :)
21:00 31/10/2021