[Lainnya......]
Siti Maimunah Suramuth
Assalamualaikum, bagaimana pengaturan makan yang tepat untuk penderita PCOS? Terimakasih
09:22 31/08/2021
Waalaikumussalam Kak Siti...
Terimakasih sdh bertanya di Dietducate:
1. Mengurangi asupan karbohidrat:
Kegemukan merupakan gejala umum pada perempuan yang mengalami PCOS. Mengurangi asupan karbohidrat merupakan cara terbaik untuk mengatasi gejala tersebut.
Selain itu, asupan protein dan lemak sehat dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga kadar insulin darah tetap stabil. Makanan yang tinggi protein juga bermanfaat dalam menekan sekresi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. Efeknya, Anda akan lebih cepat kenyang saat makan.
2. Mengonsumi makanan dengan indeks glikemik rendah:
Makanan dengan indeks glikemik rendah adalah makanan yang tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, yang juga dapat memicu resistensi insulin. Sumber makanan utama dengan indeks glikemik rendah di antaranya sayur dan buah, gandum utuh, protein dan lemak sehat.
3. Perbanyak porsi sarapan:
Pola makan teratur sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan hormon tubuh. Hasil studi skala kecil yang menyertakan 60 perempuan, menunjukkan bahwa terdapat penurunan resistensi insulin dan sekresi testosterone berlebih pada perempuan dengan pola makan teratur serta porsi sarapan yang lebih besar dibandingkan waktu lainnya.
Hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa proses ovulasi cenderung lebih mudah pada perempuan dengan porsi sarapan yang lebih besar.
4. Perbanyak asupan vitamin D:
Beberapa gejala yang disebabkan oleh PCOS seperti obesitas, resistensi insulin, dan gangguan proses ovulasi juga dapat berkaitan dengan kekurangan vitamin D. Maka dengan memperoleh vitamin D yang cukup yang berasal dari pola makan dan paparan sinar matahari, Anda dapat meringankan gejala tersebut.
_Di samping manfaat vitamin D dapat membantu mengatasi obesitas, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat vitamin D dalam mengatasi resistensi insulin dan proses ovulasi pada perempuan PCOS
5. Hindari makanan karbohidrat olahan:
Karbohidrat olahan pada umumnya dapat memicu proses inflamasi yang menyebabkan resistensi insulin. Anda perlu menghentikan atau mengurangi jumlah asupannya dalam jumlah banyak, untuk mengendalikan gejala PCOS.
Karbohidrat olahan yang harus dikurangi merupakan jenis makanan yang dibuat dengan tepung putih, misalnya pasta dan mie yang berbahan dasar tepung. Namun, konsumsi pasta yang dibuat dari biji-bijian merupakan alternatif yang tepat.
_Selain itu asupan gula cair dengan berbagai nama seperti sukrosa, sirup fruktosa jagung dan dekstrosa pada berbagai minuman kemasan sebaiknya juga dikurangi
Semoga membantu 🙂
06:36 05/09/2021