[Masalah Berat Badan]
Afra
Cara pola makan hidup sehat bagaiman dok, soalnya saya pingin menurunkan bb dengan target 2 bulan...
12:56 31/08/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Ibu Afra, Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu metabolisme tubuh dan tentunya gak bikin kamu terkena Yoyo Syndrom. Oleh karena itu, untuk menentukan perencanaan diet mu..perlu dilakukan penilaian status gizi sdri terlebih dahulu yaitu mengukur IMT dengan membagi berat badan (dalam kg) dengan tinggi badan (dalam meter lalu dikuadratkan). Dan ada batasan maksimal berat badan yang harus dikurangi sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu atau 2-4 kg dalam sebulan. Supaya menurunkan berat badan dapat menyenangkan, menyehatkan dan berhasil, Ibu bisa lakukan langkah berikut : * Diet Rendah Kalori yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah), dan di sesuaikan dengan kebutuhan kalori harianmu * Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan. * Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit * Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB * Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif. *Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk Nah, supaya saya memberikan contoh menu diet mohon informasikan dahulu untuk berat badan, usia, aktifitas saat ini serta ada atau tidaknya riwayat penyakit tertentu ya, Bu. Di tunggu konfirmasinya. 😊
20:52 31/10/2021