[Masalah Berat Badan]
anonim
izin bertanya, untuk diet yang benar bagaiamana ya, terus untuk makanannya apa benar tidak boleh makan nasi?
16:23 01/09/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate.
Diet yg benar adalah sesuai dgn Gizi Seimbang kak, artinya lengkap seluruh komponen zat gizi ada, mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, hingga serat pangan.
Selain itu perlu diperhatikan jenis dan porsinya kak.
Nah, nasi adalah sumber karbohidrat kak, jadi tidak apa2 makan nasi saat diet. Akan lebih bagus lagi bila kita bisa variasikan dgn sumber karbohidrat lainnya, seperti kentang, singkong, umbi2an lainnya.
Pada Diet Gizi Seimbang, utamakan sumber karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, mie/pasta, kentang, singkong, ubi jalar, dsb.
Batasi sumber karbohidrat sederhana seperti gula, sirup, permen, cake, dsb.
Protein pilih yg rendah lemak seperti daging rendah lemak, ikan dan ayam tanpa kulit, telur, tahu, tempe, dsb.
Lemak utamakan lemak tidak jenuh seperti minyak kanola, minyak zaitun, dsb. Bila masih menggunakan minyak kelapa sawit juga tdk apa2, asalkan dibatasi seperti untuk menumis.
Vitamin, mineral, serat pangan banyak di buah2an dan sayuran.
Nah, utk porsinya mengikuti panduan Isi Piringku.
Sayuran sebanyak dgn nasi,
Buah sebanyak lauk.
Kakak bisa lihat google utk visual Isi Piringku ya kak.
Semoga membantu 😊
19:06 01/09/2021