[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
atin tiara
Makan nasi cara diet yang salah
10:07 07/09/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Atin, terima kasih sudah bertanya di Dietducate.
Mitos ya kak.
Kita tetap membutuhkan nasi sebagai sumber karbohidrat, karena diet yang baik adalah yang mencakup semua zat gizi: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat pangan.
Yang harus kakak perhatikan adalah porsi makannya. Bila kegemukan, bisa gunakan piring model T setiap makan utama:
- 1/2 bagian piring untuk sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral, serat pangan
- 1/4 bagian piring untuk nasi sebagai sumber karbohidrat
- 1/4 bagian piring untuk lauk pauk sebagai sumber protein
Memang, alangkah baiknya bila kita memvariasikan sumber karbohidrat. Jadi tidak harus nasi, tapi bisa diganti dengan sumber karbohidrat lainnya seperti ubi, singkong, jagung, talas, roti, mie, dll.
Oya, perlu kakak perhatikan juga dalam variasi sumber karbohidrat itu tiap sekali makan ya.
Misal kalau sudah pakai mie tidak perlu tambah nasi lagi yaa, karena sama aja sumber karbohidrat, nanti malah kelebihan..
Jadi misal lagi pengen makan siang pake mie, bisa seperti ini contoh menunya: mie + sayuran + telur rebus + buah
Semoga membantu kak 😊
09:57 08/09/2021