[Masalah Berat Badan]
Afra
saya umur udah berkali" gagal dalam diet karena tidak konsisten dan kurang ilmu pengetahuan tentang mengatur pola makan dan kurang mengenal tubuh sendiri... tolong bantuannya
18:03 07/09/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Afra, jika kamu kesulitan melakukan diet untuk penurunan BB ada baiknya kamu dapat perhatikan hal berikut ini : * Pastikan ada keinginan untuk menurunkan berat badan, memahami cara menurunkan berat badan, selanjutnya patuh (commitment) dalam melaksanakan program diet. * Menciptakan target yang realistik untuk dapat dicapai serta mudah diukur. * Membuat perubahan gaya hidup sedikit demi sedikit daripada perubahan total * Pengecekan Berat Badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali setelah bangun tidur dan buang air kecil, usahakan dengan pakaian setipis mungkin * Cukup waktu istirahat * Hindari faktor stres, kemudian, agar diet kamu menyenangkan, menyehatkan dan berhasil, kamu bisa lakukan langkah berikut : * Diet Rendah Kalorl yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah) dan disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian mu * Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan. * Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit * Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB * Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif. *Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk. Tetap semangat yaa :)
13:47 08/10/2021