[Masalah Berat Badan]
anonim
Pola makan yang baik untuk diet
13:03 10/09/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate.
Makan utama 3x sehari dan 2x selingan dgn perhatikan komposisi, porsi, dan cara pengolahan yaa kak.
1. Komposisi:
Lengkap seluruh sumber zat gizi yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat pangan, air.
Utamakan karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, tingkatkan sayur dan buah, kurangi gula, garam, lemak.
Air cukup agar tdk dehidrasi sekitar 8 gls/hari.
2. Porsi: untuk obesitas bisa pakai piring model T, yakni
- 1/2 bagian piring: sayur dan buah
- 1/4 bagian piring: makanan pokok seperti nasi, ubi, singkong, mie, roti, kentang, jagung dsb.
- 1/4 bagian piring: lauk pauk
3. Jenis pengolahan:
Utamakan kukus, rebus, pepes, ungkep, tumis, panggang. Minimalkan goreng.
Sayuran baiknya ditumis/kukus, untuk jaga keutuhan kandungan gizi, dan juga karena ada vitamin yg larut lemak jadi mudah terserap.
Kalau rebus pastikan kuahnya juga dikonsumsi, karena ada vitamin yg larut ke air.
Semoga membantu kak 😊
19:16 11/09/2021