[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Dok saya mau nanya dok,,gimna sih dok diet yg aman buat yg punya penyakit asam lambung?
14:31 10/09/2021
Dias Rindiannisa, S.Gz ahligizi
Halo terima kasih sudah bertanya
Agar kamu dapat menjalani program diet tanpa memicu timbulnya sakit maag, berikut tips diet yang perlu diperhatikan.
1. Miliki pola makan yang teratur.
2. Terapkan prinsip small frequent feeding. Artinya, konsumsilah makanan dengan porsi yang lebih kecil tapi lebih sering. Frekuensi makan yang ideal bagi penderita mag ialah 5 kali sehari dengan pembagian 3 kali makan besar diselingi 2 kali camilan. Karena tujuannya juga untuk berdiet, pastikan jumlah kalori yang dikonsumsi tidak lebih dari yang dianjurkan. Untuk camilan, sebaiknya konsumsi buah-buahan ramah lambung, seperti melon, semangka, pisang, mangga, pepaya, apel atau pir.
3. Hindari segala jenis makanan yang bersifat asam. Utamanya, buah-buahan seperti nanas dan buah sitrus (jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis).
Hindari makanan-makanan yang memicu keluhan. Beberapa makanan dikenal bisa memicu keluhan mag, seperti cokelat, gorengan, dan makanan berminyak lainnya. Selain itu, ada juga makanan pedas dan bumbu seperti cabai, merica, paprika, serta makanan yang memproduksi gas seperti sawi, kol, kubis, dan nangka.
4. Perbanyak konsumsi makanan berserat.
5. Hindari minuman bersoda dan yang mengandung kafein.
Semoga bermanfaat
10:22 11/10/2021