[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Gimana cara diet yang aman untuk penderita penyakit asma?
18:51 15/09/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate: 1. Perhatikan asupan kalori yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari. 2. Perhatikan asupan makanan dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan. 3. Perhatikan agar tidak melewatkan waktu makan, lebih baik mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi lebih sering dibandingkan hanya makan 1-2 kali sehari. 4. Kurangi makanan manis, makanan berpengawet, dan asupan garam yang tinggi seperti pada makanan kemasan. 5. Cukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih. 6. Aktif bergerak dan berolahraga disesuaikan dengan kondisi Anda dan mulailah dari olahraga ringan tidak terlalu memaksakan tubuh . 7. Cukupi kebutuhan istirahat dan juga kelola stres. Semoga Membantu 🙂 Jika masih ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya...
07:19 17/09/2021
anonim
Dok gimana cara atau tips mengatasi pusing ketika berolah raga lari maupun berlompat ? Kadang saya olahraga mengalami pusing, sesak, mau muntah, dan jantung debar debar.
09:23 17/09/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
mencegah pusing,sesak,muntah, & jantung berdebar2 saat olahraga dengan beberapa cara, seperti: 1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi: Salah satu cara mencegah mual setelah olahraga adalah memerhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan junk food. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak baik, protein, dan karbohidrat. Beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi saat hendak berolahraga adalah pisang, alpukat, dan roti gandum. Namun, pastikan juga kamu berhenti mengonsumsi makanan atau minuman, setidaknya 1-3 jam sebelum melakukan olahraga untuk mencegah munculnya rasa mual/muntah. 2. Cukup minum air putih: Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab pusing,mual,muntah setelah olahraga. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cara minum air putih yang cukup, setidaknya satu jam sebelum olahraga. Namun, jangan sampai terlalu banyak karena justru bisa memicu mual. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air putih sebanyak 200 ml setiap 10-20 menit selama olahraga. 3. Lakukan pemanasan dan pendinginan: Selain bermanfaat untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat olahraga, melakukan pemanasan dan pendinginan. Sama halnya dengan otot dan sendi, organ tubuh juga mudah ‘kaget’ jika mengalami suatu gerakan yang terjadi secara tiba-tiba. Hal ini kemudian dapat memicu mual/muntah/jantung berdebar. Jadi, penting untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga. 4. Hindari melakukan olahraga secara berlebihan: Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera. Apa Masih Ada yg mau ditanyakan?
04:25 18/09/2021