[Gizi Olahraga & Kebugaran]
FATHIMAH ??????
Dok saya mau tanya,saya ada maag, terus lgi diet.. kira" harus makan apa?? Dan butuh kalori atau apa itu saya kurg ngerti dok..
16:50 18/09/2021
Alvian Hadi Sutrisno, S.Gz. ahligizi
terimakasih sudah bertanya di ahligizi.id/aplikasi dietducate.
Saya Alvian akan mencoba menjawab pertanyaan yang anda ajukan.
sebelum melakukan diet penurunan berat badan haruslah mengerti dulu tentang konsep dan aturan main dari "defisit kalori", jika belum mengerti sebaiknya harus didampingi para ahli untuk melakukan diet penurunan berat badan, karena akibatnya akan sangat fatal jika melakukan diet penurunan berat badan tanpa mengerti konsep dan aturan main dari defisit kalori dan tanpa pendamping yang ahli, serta ditambah dengan riwayat gastritis atau maag.
untuk kondisi maag atau gastritis lebih baik atur pola makan yang sehat dengan 3x makan utama dan 2x snack. jika terjadi gejala seperti mual, nyeri perut bahkan muntah maka makanlah dengan bentuk yang lunak atau halus terlebih dahulu dengan prinsip sedikit tapi sering, sampai gejala hilang baru kembali ke pola makan yang normal.
makanan yang harus dibatasi ketika gejala gastritis muncul yaitu makanan yang pedas, kecut dan asam. bahan makanan yang menimbulkan gas seperti umbi-umbian sebaiknya dihindari, dan juga makanan yang beraroma tajam seperti durian dan semacamnya juga dihindari. kurangi konsumsi minuman bersoda dan yang mengandung alkohol.
sekian dari saya, semoga bisa membantu.
terimakasih.
15:56 23/09/2021