[Bayi & Balita]
Dea Nurina
Halo saya ingin bertanya, anak sya usia 16bulan tapi baru memiliki 2 gigi, belum ada tanda2 gigi baru kan tumbuh lagi, apakah sudah redflag? Dan apa makanan yang bagus untuk mebantu pertumbuhan gigi pada anak? Terimkasiah
19:28 22/09/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Selamat Siang Bunda Dea Nurina, sebenarnya Si Kecil yang baru memiliki dua gigi saat ini masih tergolong wajar karena kecepatan pertumbuhan gigi setiap anak berbeda-beda. Kecepatan pertumbuhan gigi ini bisa sangat bervariasi tanpa diketahui dengan jelas faktor yang mempengaruhinya. Banyak ahli menduga pertumbuhan gigi bayi yang lebih lambat dipengaruhi oleh kurangnya asupan kalsium dan tidak cukupnya stimulasi yang diberikan. Namun, dugaan ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut signifikansinya melalui penelitian dalam skala yang lebih luas.
14:50 23/09/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Adapun makanan yang bagus untuk membantu pertumbuhan gigi Si Kecil adalah makanan tinggi kalsium seperti ikan laut (seperti sarden, salmon), sayuran hijau (seperti brokoli, bayam, kale, pakchoy), kacang-kacangan dan biji-bijian, sereal yang diperkaya kalsium, dan sebagainya.
Selain makanan, Bunda juga dapat berikan makanan yang bertekstur dan agak kasar untuk merangsang pertumbuhan giginya. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun, jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun. Semoga membantu. ❤️
14:51 23/09/2021