[Kehamilan]
Putri Zainul Inayah
Bagaimana mengatur pola makan jika kehamilan preklamsia
17:44 26/09/2021
Intan Agustina Anggraeni, S.Gz, M.P.H ahligizi
Halo Kak Putri Zainatul Inayah. Terimakasih sudah bertanya melalui Dieteducate. Pada kehamilan pre-eklampsia pengaturan pola makannya hampir sama dengan kehamilan pada umumnya yaitu penambahan makanan satu porsi lebih banyak dari porsi makan biasanya. Ibu hamil pre-eklampsia perlu makan beraneka ragam makanan bergizi seimbang yang terdiri dari sumber karbohidrat, sumber protein hewani & nabati, aneka sayur & buah untuk mencukupi peningkatan kebutuhan energi, protein, lemak dan karbohidrat. Beberapa zat gizi mikro seperti kalsium, vitamin D perlu untuk dicukupi dengan mengkonsumsi makanan seperti susu, keju, yoghurt, ikan, daging, telur, tempe, kacang-kacangan. Jika asupan kalsium dan vitamin D kurang dapat ditambahkan suplemen. Diet rendah garam tidak efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada pre-eklampsia sehingga garam dapat diberikan secukupnya namun kurangi makanan berpengawet. Demikian semoga bisa membantu. Tetap sehat dan semangat.
17:29 03/10/2021