[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok berat badan saya 85 kg dan tinggi badan saya 151 cm dan saya mengidap penyakit lupus gimana dok cara menurunkan berat badan yang baik dengan kondisi saya yang seperti itu?
17:54 03/10/2021
Anak Agung Istri Kencana Sari Devi, S.Tr.Gz ahligizi
Halo, Bapak/Ibu
Perkenalkan saya Ahli Gizi Gung Is
Keterkaitan antara status gizi dan penyakit Systemic Lupus Erythematosus (SLE) masih dianggap terlalu sulit dipahami karena sebagian besar jenis penyakit autoimun penyebabnya multifaktorial yang merupakan interaksi antara faktor genetik, lingkungan, hormonal, virus, dan pengaruh psikoneurologikal.
Karena tingginya kejadian gangguan fungsi ginjal umumnya pada SLE maka pembatasan protein dianjurkan khususnya pada penderita yang juga disertai dengan penyakit ginjal.
Pada penderita SLE umumnya kekurangan/defisiensi vitamin D karena menghindari paparan sinar matahari. Untuk mencegahnya dapat mengonsumsi vitamin D yang bisa didapat dari susu, ikan, telur dan produk olahannya.
Konsumsi makanan yang dianjurkan yaitu cukup zat gizi makro dan mikro serta serat seperti kacang-kacangan, buah dan sayur yang kaya antioksidan (contoh buah naga, wortel, bayam, buah bit, tomat) ikan, minyak ikan, minyak zaitun.
Solusi untuk menurunkan berat badan dilakukan dengan cara bertahap, untuk lebih jelasnya boleh disertakan jenis kelaminnya dengan membalas pesan ini agar bisa saya hitung dulu untuk kebutuhan kalori per harinya. Terima kasih.
Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
19:56 04/10/2021
Halo, Bapak/Ibu
Perkenalkan saya Ahli Gizi Gung Is
19:59 04/10/2021