[Lainnya......]
Christien
Diet Hemodialisa
14:38 07/10/2021
Dhea Devianti A.Md.,Gz ahligizi
hallo kak chiristien, selamat sore kak. sebelumnya saya ucapkam terimakasih sudah bergabung bersama kami di dietducate saya coba untuk menjawab yang kakak tanyakan Nutrisi 1.  Protein Anjuran protein cukup tinggi yaitu 1-1,2 gram/Kg berat badan. Sumber protein berasal dari 50% hewani (daging, ayam, ikan, telur) dan 50% nabati (tahu, tempe). 2. Natrium Tips mengurangi garam: a. Gunakan garam sedikit mungkin dalam masakan (kurang lebih ½ sdt per hari) b.Hindari cemilan asin, siap saji, dan siap makan karena banyak mengandung natrium c. Baca informasi nilai gizi (kandungan Na) d.Singkirkan garam meja 3.       Cairan Asupan cairan pada pasien hemodialisa dibatasi sesuai dengan jumlah urin 24 jam ditambah 500 ml. Cairan yang perlu dibatasi tidak hanya sesuatu yang diminum. Cairan juga terkandung dalam beberapa makanan seperti sup atau jus. 4.  Kalium Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber kalium. Kebutuhan kalium dibatasi 1600-2800 mg/hari. Makanan berkalium tinggi yaitu bayam, kembang kol, singkong, kentang, tomat, melon, pisang, air kelapa, alpukat, durian, nangka.   Pasien HD perlu mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil . contoh rekomendasi menu diet hemodialisis 1 hari yang teridiri dari 3x makanan utma dan 3x selingan dengan total energi 1500 kkal, protein 61 gram, lemak 47 gram, karbohidrat 219 gram, serat 24 gram, kalium 2 gram, natrium 450 mg, dan fosfor 700 mg.
15:03 07/10/2021