[Bayi & Balita]
fatonah tika
Trombosit rendah
12:48 08/10/2021
Siti Syafita, S.Tr.Gz ahligizi
Hallo ibuk Fatonah, izinkan saya membantu menjawab yaa.. bahwa penyebab trombosit turun pada anak yang paling adalah karena trombositopenia imun (ITP). Ini terjadi ketika sistem kekebalan keliru menyerang dan justru menghancurkan trombosit. Anak-anak yang menderita ITP sering kali memiliki riwayat infeksi virus baru-baru ini. Kebanyakan anak sembuh dari ITP tanpa pengobatan apapun dalam waktu kurang lebih enam bulan. Sampai saat itu, mereka mungkin perlu menghindari olahraga berat atau aktivitas lain yang dapat menyebabkan cedera kepala. Penyebab trombosit turun pada anak yang jarang terlihat antara lain berupa kelainan sumsum tulang, seperti leukemia, atau kondisi autoimun lainnya, seperti lupus eritematosus sistemik (SLE) atau kelainan sumsum tulang herediter.
19:57 08/10/2021