[Masalah Berat Badan]
Afra
Mohon petunjuk diet untuk turun BB bagi penderita maag menahun.
03:31 09/10/2021
Grecya Aprilla Hutapea, S.Gz ahligizi
Halo Afra! Diet untuk menurunkan berat badan pada penderita maag memang dapat menjadi suatu tantangan sendiri, karena di samping membatasi asupan kalori yang masuk perlu diperhatikan pola makan yang sehat agar tidak memicu timbulnya gangguan lambung.
Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan pada penderita maag:
• Batasi asupan kalori yang masuk dengan mengurangi porsi makan, namun sebaiknya tidak melewatkan waktu makan karena perut yang kosong dalam waktu lama dapat memicu iritasi dinding lambung akibat produksi asam lambung yang meningkat
• Makanlah secara teratur dengan porsi-porsi kecil namun sering (5-6 kali sehari)
• Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas (kol, sawi, brokoli, kembang kol, selada, nangka, kentang, minuman bersoda dan lain-lain)
• Perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur
• Porsi karbohidrat (nasi, beras merah) sebaiknya cukup sepertiga dari porsi makan
• Pilih sumber protein rendah lemak (seperti ikan, telur, dada ayam, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak)
• Batasi konsumsi daging berlemak, makanan siap saji, makanan yang digoreng, bersantan, mengandung keju, mentega, atau krim
• Hindari makanan asin atau menambahkan garam pada makanan
• Batasi konsumsi coklat, biskuit, kue, sirup, dan makanan atau minuman manis lainnya
• Berolahraga secara teratur 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap sesinya. Anda dapat memilih jenis olahraga yang Anda sukai seperti jogging, berlari, bersepeda, senam aerobik, berenang dan sebagainya
• Bergerak secara aktif dalam aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki, naik turun tangga, mengerjakan pekerjaan rumah seperti berkebun, membersihkan rumah dan sebagainya.
trimakasih
10:19 09/10/2021