[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Syifa rahmanita
permisi kak saya mau bertanya, umur saya 19th tinggi saya 158cm tapi berat saya cuma 37kg dan tidak bertambah, saya sudah makan banyak tapi tetap kurus, dulu waktu kecil saya pernah flek paru paru, apakah itu termasuk faktor yang tidak bisa membuat badan saya gemuk? kira kira apa yang harus saya lakukan ya kak? terima kasih
05:53 10/10/2021
Anisa Yuliantari, S.Gz ahligizi
haloooo. selamat pagi syifa 😊 Memiliki berat badan ideal menjadi keinginan setiap orang, termasuk juga bagi mereka yang kurus. Namun, sebelum terburu-buru membahas cara meningkatkan berat badan, sebaiknya terlebih dahulu memastikan status berat badan Anda. untuk umur 19 th, berat badan 37 kg dan tinggi badan 158 cm jadi, IMT anda adalah 14,8 kg/m² Indeks massa tubuh (IMT) adalah parameter yang digunakan untuk memastikan apakah berat badan Anda berada di bawah berat badan normal. Perhitungannya dengan membagi berat badan (dalam satuan kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (dalam satuan meter persegi). karen anda di bawah 18,5 kg/m2, berat badan Anda tergolong kurang dari seharusnya. Berikut beberapa kondisi medis yang bisa mendasari berat badan kurang dari normal: kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) penyakit kronik, seperti tuberkulosis (TBC), diabetes mellitus penyakit coeliac yang menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi di saluran cerna gangguan makan, seperti bulimia, anoreksia saat ini Anda mengalami salah satu dari kondisi medis di atas, maka terlebih dahulu harus berkonsultasi dan menjalani pengobatan dokter. Berikut beberapa cara meningkatkan berat badan. konsumsi makanan kaya nutrisi, terutama dianjurkan meningkatkan sumber protein, di samping itu taburan keju atau telur bisa memeberikan tambahan kalori makanlah lebih sering (5-6 kali sehari) dengan porsi secukupnya konsumsi jus atau smoothies  konsumsi snack di antara menu utama olahraga secara rutin untuk membentuk otot tubuh istirahat yang cukup semoga jawabannya dapat membantu yaa 😊
07:53 10/10/2021