[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Makanan apa saja yang bisa memicu hormon kita agar cepat tinggi? (Umur kurang dr 18)
07:30 14/10/2021
Anisa Yuliantari, S.Gz ahligizi
halooo selamat pagi 😊
terimakasih atas pertanyaanya
Pertumbuhan tinggi badan tidak selamanya terjadi sepanjang hidup. Tinggi badan akan bertambah dengan cepat, lalu kemudian akan berhenti.
Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti ketika lempeng pada tulang panjang menutup sehingga tulang tidak bisa bertambah panjang lagi.
Wanita mulai memasuki masa pubertas pada usia 8-13 tahun dan mengalami puncak pertumbuhan pada usia 10-14 tahun. Dua tahun setelah pubertas dimulai, wanita akan mencapai puncak pertumbuhan tinggi badannya. Dan, kemudian pertumbuhan tinggi badan berhenti kira-kira pada usia 14-16 tahun (tergantung dari kapan pubertas dimulai).
Sementara, pria mulai memasuki masa pubertas pada usia 10-13 tahun. Dan, cenderung mengalami puncak pertumbuhan pada usia 12-16 tahun. Umumnya pada pria, pertumbuhan tinggi badan berhenti pada usia 18 tahun (ini juga tergantung kapan pubertas dimulai), namun perkembangan otot akan terus berjalan.
Hal ini umumnya terjadi saat Anda masih dalam usia pubertas. Oleh karena itu, sebelum masa pubertas habis, sebaiknya gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menambah tinggi badan Anda.
memanfaatkan dengan makan makanan seimbang,
ditambah dengan makan makanan untuk kesehatan tulang yang tinggi akan kalsium dan protein.
seperti , telur ayam, daging ayam, susu dan olahannya ( yoghurt, keju ) , kacang2an, sayuran tinggi kalsium ( brokoli, bayam, pokcoy)
terimakasih, semoga jawabannya membantu 😊
08:36 14/10/2021