[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya ingin bertanya, bagaimana caranya agar bisa menaikkan berat badan menjadi ideal
21:53 14/10/2021
Grecya Aprilla Hutapea, S.Gz ahligizi
halo! untuk menaikkan BB ada beberapa cara ya kak.
1. Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi
Untuk menambah berat badan, tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.
Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.
2. Makan lebih sering dengan porsi kecil
Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.
3. Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi
Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.
4. Pilih camilan sehat
Camilan bisa menjadi sumber kalori tambahan yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Namun, Anda disarankan untuk memilih camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, cokelat hitam, buah-buahan, atau roti gandum.
Hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan, karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan tidak sehat ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.
5. Tambah asupan kalori
Untuk menambah berat badan, Anda perlu tambahan asupan kalori dalam menu makan sehari-hari. Pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, misalnya dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup.
Meski demikian, kamu perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol, yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.
6. Minum sesudah makan
Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang. Dengan demikian, nafsu makan akan berkurang dan porsi makan Anda pun menjadi lebih sedikit.
7. Rutin berolahraga
Olahraga secara rutin tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas kelebihan lemak.
Jika diikuti dengan pola makan sehat, rutin berolahraga bisa membantu kakak mencapai berat badan yang lebih ideal. Selain itu, olahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat. trimakasih🙏
21:59 14/10/2021
Halo dear,
Boleh di infokan saat ini berapa berat badan dan tinggi badan kamu? Untuk mencapai berat badan ideal kita perlu makan sesuai kebutuhan kalori harian dengan menerapkan pola makan gizi seimbang terdiri dari karbohidrat (nasi, kentang, jagung, umbi umbian, sereal), protein (lauk hewani, lauk nabati, kacang kacangan, susu), lemak (minyak), sayuran, buah, vitamin dan mineral dan juga memperhatikan jenis pengolahan makanan, agar berat badan tetap terkontrol hindari terlalu banyak konsumsi makanan yang di goreng goreng dan bersantan tinggi. Selain dari pola makan, olahraga teratur juga dapat membantu kamu dalam proses penaikan berat badan, pilih olahraga yang dapat menaikan masa otot kamu. Jika masih ada pertanyaan silahkan ya dear :)
22:00 14/10/2021
anonim
Bb 41, Tb 157
22:03 14/10/2021
anonim
Bagaimana cara mengatur pola makan yang baik ketika kita sebagai mahasiswa yang banyak aktivitas dan tugas serta tinggal di kos-kosan?
22:05 14/10/2021
Bb 41 tb 157 = 16,66 (IMT) berdasarkan hasil perhitungan berat badan dan tinggi badan kamu saat ini kamu berada di status gizi overweight (gizi kurang), untuk tinggi badan kamu saat ini berat badan yang ideal minimal di 46 kg jadi kamu bisa menaikan berat badan kamu minimal sebanyak 5 kg saat ini. Untuk range berat badan ideal berada di 45,7 - 56,5 kg. Untuk menaikan berat badan kamu harus konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian kamu dan bisa di tambah 10% dari kebutuhan kalori dan juga dengan menambah olahrga untuk pembentukan masa otot. Jika misal kebutuhan kalori harian kamu saat ini adalah 1600 maka kamu bisa konsumsi 1710 kalori perhari dengan memperhatikan jenis dan pengolahan makanan yang sudah di sampaikan sebelumnya ya..
Untuk mengatur pola makan dengan aktifitas kamu saat ini bisa di bikin jadwal makan seperti ini:
Pagi sarapan : Oatmeal 6 sdm dan susu 150 ml atau dengan roti 2 lembar dan 1 butir telur = sekitar 250 - 350 kkal
Snack : buah (pisang, apel, jeruk) 1 buah = sekitar 100 - 150 kkal
Makan siang : pilih makanan yang mudah kamu dapat di kampus seperti soto ayam, gado2, sate atau yang lainnya = sekitar 500 - 700 kkal
Snack sore : Susu atau buah atau cemilan lainnya = sekitar 100 - 150 kkal
Makan malam = bisa sama dengan makan siang hanya porsinya lebih sedikit, jika sore kamu tidak makan snack maka jatah kalori snack bisa kamu tambahkan ke jatah kalori makan malam.
Untuk olahraga kamu sesuaikan dengan waktu luang kamu, usahakan olahraga ini rutin agar kamu mendapatkan hasil terbaik.
Semoga informasi ini dapat membantu kamu, sehat selalu :)
09:43 15/10/2021
anonim
Terimakasih banyak
19:34 22/10/2021