[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Saya ingin mulai hidup lebih sehat dan ingin menambah berat badan. Kebutuhan kalori harian saya 1555 kkal. Apa yg harus saya lakukan?
10:11 17/10/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: _Menambahkan kalori adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menambah berat badan. Penambahan kalori yang aman yaitu sekitar 500-1000 kalori per hari untuk mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 1 kg dalam seminggu. Memang setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Apabila Anda tidak mengalami perubahan berat badan dalam satu minggu meskipun telah menambahkan kalori per hari, maka tambahkan lagi sekitar 100-250 kalori dan lihat hasilnya di akhir minggu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda di awal program dalam menambah berat badan, cobalah untuk menambahkan kalori sebanyak 500 kalori dahulu ke dalam kebutuhan harian Anda. Jika memang tidak berhasil, baru tambahkan kalori lagi secara bertahap hingga penambahan mencapai 1000 kalori. Kalori yang bertambah akan membuat pola makan Anda berubah, karena itu memang penambahan harus dilakukan secara bertahap agar tidak membuat sistem pencernaan kaget dan menimbulkan gangguan pencernaan. _Selain itu, untuk mencegah timbulnya masalah pada perut, Anda bisa membagi semua kalori tersebut ke dalam porsi yang lebih kecil dalam 5-6 kali makan. Misalnya, kebutuhan kalori setelah ditambahkan sebesar 3000 kalori, maka setiap kali makan seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, kalori yang harus Anda habiskan sebanyak 750 kalori per waktu makan. Sedangkan kalori sisanya, dapat Anda alihkan untuk makanan ringan di pagi hari menjelang siang sebanyak 375 kalori dan siang menjelang sore sebesar 375 kalori juga. Semoga Membantu 🙂
07:23 19/12/2021