[Diet Asam Urat]
Munavila Wulansari
Benarkah diet rendah purin tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau?
20:25 17/10/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Munavila, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Bukan tidak boleh kak, tapi dibatasi sesuai aturan. Berikut daftar pangan yg perlu diperhatikan pada diet rendah purin berdasarkan kandungan purinnya:
Purin tinggi (hindari): jeroan, hati, otak, jantung, bebek, ikan sarden, makarel, kerang, remis, ekstrak daging/kaldu
Purin sedang (batasi):
- Daging maksimal 50-75 gram/hari (1-1,5 potong)
- Ikan tongkol, tenggiri, bandeng, bawal, ayam, udang, tempe, tahu maksimal 50 gram/hari
- Kacang2an kering maksimal 25 gram/hari
- Bayam, kangkung, kol, daun singkong, daun melinjo, biji melinjo, kacang polong, kacang kapri, jamur maksimal 100 gram/hari
Purin rendah/dapat diabaikan (dapat dimakan setiap hari): nasi, roti, ubi, mie, bihun, tepung beras, biskuit, keju, telur, susu, sayur2an selain yg sudah disebutkan, buah2an.
Demikian kak, semoga membantu 😊
09:48 18/10/2021