[Diet Maag (Gastritis)]
anonim
Bagaimana mengatur pola makan supaya tidak lagi kambuh dan BB ideal?
07:14 22/10/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Dear Ibu Novi, Pola makan untuk mengatasi keluahan gastritis (Maag) yaitu dengan menerapkan diet lambung. Syarat diet lambung yaitu makanan dalam bentuk lunak dan mudah dicerna, hindari makanan yang merangsang lambung seperti asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin, porsi yang diberikan kecil yang diberikan sering, dan cara pengolahannya direbus, dikukus, panggang dan tumis.
Selengkapnya dapat di lihat pada artikel berikut : https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-gastritis-maag/
Dan untuk menjaga serta mencapai BB Ideal, kamu bisa lakukan langkah berikut :
* Diet Rendah Kalori 1200-1500 kkal yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah)
* Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan.
* Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit
* Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB
* Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif.
*Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk.
Semoga membantu yaa🤗
13:51 22/10/2021