[Bayi & Balita]
nurlaila ruswida
Cara mengatasi picky Eater
23:11 23/10/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Ruswida,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate: 1. Jangan memaksa anak untuk makan > Saat Si Kecil menolak mengonsumsi makanan tertentu, tetap sabar dan jangan memaksa ya, Bun. Hal ini bisa membuat Si Kecil tidak nyaman dan malah akan terus menolak mengonsumsi makanan tersebut di kemudian hari. Ingat, dibutuhkan setidaknya 10–15 percobaan hingga anak terbiasa dan mau memakan suatu makanan. 2. Sajikan makan dengan variasi yang menarik > Cobalah sajikan menu makanan dengan tampilan yang menarik, mulai dari bentuk, susunan, atau warna yang berbeda. Bila perlu, Bunda bisa berikan nama yang unik, misalnya ‘makanan jagoan’, untuk menarik perhatian Si Kecil, sehingga ia mau mengonsumsi makanan tersebut. 3. Perbolehkan anak menyentuh makanannya > Seperti halnya orang dewasa, anak kecil bisa saja enggan memakan sesuatu yang belum benar-benar dikenalnya. Nah, Bunda bisa mengatasi ini dengan menghilangkan rasa penasarannya. Caranya, beri kesempatan Si Kecil untuk menyentuh langsung dan mengenali makanannya sebelum menyuapinya. 4. Buat suasana makan jadi menyenangkan > Buatlah suasana makan menjadi hal yang menyenangkan, misalnya dengan menyajikan makanan dengan tempat makan yang lucu atau dengan menyertakan makanan yang paling disukai Si Kecil. Bunda bisa memulai suapan dengan makanan yang tak terlalu disukainya dan memberikan makanan kesukaannya di bagian akhir. 5. Cari teman makan bersama > Bila Si Kecil menolak diberikan makanan jenis tertentu, cobalah untuk mencari teman makan yang menyukai makanan tersebut. Hal ini dapat membantu meyakinkan Si Kecil kalau makanan yang tidak ia sukai sebenarnya enak atau tidak aneh, sehingga ia akan mulai mencoba makanan tersebut. Dengan beragam cara di atas, diharapkan anak picky eater perlahan-lahan terbuka akan berbagai jenis makanan dan tidak pilih-pilih lagi. Semoga Membantu 🙂
05:42 24/10/2021