[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Ibu menyusui yang baru melahirkan dilarang mengkonsumsi minyak
08:59 30/10/2021
Tia Eka Novianti, S.Gz.  ahligizi
Selamat pagi kak, terimakasih telah memilih ahligizi.id untuk melakukan konsultasi gizi. Pernyataan tersebut HOAX ya kak. Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga (selain karbohidrat) dan bisa memperlancar produksi ASI serta membawa vitamin larut lemak pada ASI. Tapi ingat kak, porsi lemak untuk ibu setelah melahirkan dianjurkan cukup, jadi kebutuhan minyak cukup 4 porsi atau setara 4 sendok teh (20 gram). Kebutuhan lemak yg lain dapat diperoleh dari lemak tak jenuh ganda, seperti omega 3 dan 6. Bahan2 seperti minyak kedelai, minyak jagung, kakap, tengiri, tongkol dan lauk hewani lainnya memiliki kandungan omega 3 dan 6 yg cukup tinggi. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, omega 3 juga dapat mencegah postpartum blues (gangguan emosi pasca melahirkan, seperti mudah menangis, murung, panik, mudah marah, mood naik turun, gangguan tidur dan lainnya).
09:58 30/10/2021