[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Apa perbedaan fat loss dan weight loss? Bagaimana cara pemilihan makan dan olahraganya??
14:42 02/11/2021
Hallo Kak,,, Terimakasih Sdh Bertanya Di Dietducate:
weight loss bisa disebut juga dengan penurunan berat badan. Sedangkan fat loss memiliki arti sebagai penurunan lemak.
> Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan makanan berdasarkan jenis Gizinya:
1. Karbohidrat
Ada beberapa sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, antara lain:
Biji-bijian, seperti quinoa
Gandum
Sayur, seperti jagung, kentang, dan ubi jalar
Buah, seperti buah naga, pisang dan apel
Kacang-kacangan, seperti kacang merah.
2. Protein > Susu beserta produk olahannya, termasuk yoghurt, adalah sumber protein yang baik untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Hal ini karena yoghurt memiliki nutrisi penting, seperti kalsium, serta kandungan yang dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan menghambat penumpukan lemak.
Saat menjalani program diet, Anda dapat mengonsumsi yoghurt dengan kandungan rendah gula dan rendah lemak.
Selain yoghurt, telur juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena mengandung protein yang tinggi. Anda bisa menjadikan telur sebagai bagian dari menu sarapan agar dapat merasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang.
Sumber protein lainnya yang tak kalah penting, meliputi:
Makanan laut (seafood)
Daging tanpa lemak
Kacang-kacangan
Selain itu, oatmeal juga diketahui dapat mengurangi berat badan karena mengandung protein dan serat yang tinggi. Juga bisa menjadikannya sebagai salah satu menu sarapan dan mencampurnya dengan yoghurt tanpa gula atau buah.
3. Lemak
Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik untuk ditambahkan ke dalam menu makanan sehat Anda. Lemak jenis ini bisa menjadi salah satu sumber asam lemak dan kalori yang dibutuhkan tubuh ketika berolahraga. Tak hanya itu, lemak tak jenuh juga bisa meredakan paradangan.
Beberapa sumber lemak tak jenuh yang bisa Anda konsumsi, meliputi:
Alpukat
Kacang-kacangan
Biji-bijian
Zaitun
Minyak zaitun.
Selain itu, minumlah air putih yang cukup karena dapat menjaga fungsi sistem pencernaan Anda. Minum air putih juga dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan membakar lebih banyak kalori.
Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan selama menjalani program diet:
1. Jalan kaki > Jalan kaki membuat tulang menjadi lebih kuat, menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kadar kolesterol tubuh, membuat suasana hati lebih baik, hingga mampu meningkatkan daya ingat. Berjalan kaki juga menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung.
2. Joging > Joging adalah olahraga yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Jenis olahraga yang satu ini dapat membakar banyak kalori, menekan nafsu makan, dan membakar lemak dalam tubuh dengan cepat, terutama di bagian perut.
3. Berenang > Selain joging dan berjalan kaki, berenang ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menurunkan berat badan, berenang diketahui dapat meredakan nyeri sendi, memperbaiki suasana hati, dan mengendalikan stres.
4. Angkat beban > Angkat beban adalah salah satu contoh olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membantu tubuh menurunkan berat badan. Namun, latihan angkat beban sebaiknya disesuaikan dengan batas kemampuan serta kondisi tubuh dan janganlah terlalu memaksakan diri.
Sebenarnya, jenis olahraga ini membuat otot tetap kuat dan membantu proses pembakaran kalori.
Apa pun pilihan olahraganya, ada baiknya bila Anda menjalani olahraga sesuai dengan hobi dan minat Anda. Selain membakar kalori dan baik untuk tubuh, olahraga yang dijalani sesuai hobi pastinya akan membuat suasana hati lebih baik.
Semoga Membantu 🙂
07:04 13/11/2021