[Lainnya......]
anonim
makanan apa saja utk membentuk kesuburan keseimbangan hormon
00:30 11/11/2021
Hallo Kak,,, Terimakasih Sdh Bertanya Di Dietducate:
Berikut beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan:
1. Ikan Salmon > Ikan salmon mengandung omega-3 yang terbukti dapat memperlancar aliran darah ke organ reproduksi. Nutrisi tersebut juga dapat meningkat lendir serviks, membantu mengatur kinerja hormon dalam tubuh dan sistem ovulasi. Namun selain dari salmon, makanan lain yang juga mengandung omega-3 dan dapat meningkatkan kesuburan adalah walnut, biji chia, biji rami, dan kenari yang dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma.
2. Bayam > Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan asam folat dan vitamin B yang dapat meningkatkan konsistensi ovulasi. Perlu diketahui bahwa asam folat merupakan salah satu unsur penting dalam pembelahan sel dan pembentukan plasenta, serta meningkatkan kualitas dan meminimalisir kelainan pada sperma bagi pria.
3. Kacang Hijau > Kacang hijau memiliki segudang manfaat untuk meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Mengonsumsi kacang ini dapat membantu stabilkan sistem kerja reproduksi wanita dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga imunitas terjaga. Hal ini kemudian dapat berpengaruh pada kesiapan ovulasi.
Selain itu, zat besi yang terkandung dalam kacang hijau juga dapat meningkatkan sel darah merah, termasuk membantu memperlancar aliran darah yang salah satunya adalah ke dinding rahim. Hasilnya, dinding rahim akan jadi lebih kuat dan peradangan di daerah panggul dapat berkurang.
4. Cokelat Hitam > Jika kamu termasuk penggemar cokelat hitam, kabar baiknya camilan favoritmu ini ternyata termasuk makanan untuk meningkatkan kesuburan, lho. Hal ini karena cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan serta memperlancar mikrosirkulasi di ovarium. Tak hanya itu, cokelat hitam juga meningkatkan jumlah sperma dan motilitas atau kemampuan sperma berenang serta volume air mani.
5. Tiram > Selain rasanya yang lezat, tiram juga merupakan makanan untuk meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini karena tiram mengandung beragam mineral seperti zinc, zat besi, kalsium, dan kalium. Selain meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, mengonsumsi tiram juga bisa menjaga stamina dapat menambah kepadatan tulang.
6. Buah-Buahan Sumber Vitamin C > Selain bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga ternyata dapat meningkatkan kualitas sperma, lho. Oleh karena itu, buah-buahan sumber vitamin C masuk ke dalam daftar makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Beberapa rekomendasi buah kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kesuburan adalah jeruk, apel, pisang, dan tomat.
Itulah beberapa makanan yang dapat bantu tingkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Perlu diketahui bahwa banyak-banyak mengonsumsi makanan tersebut saja tidaklah cukup. Kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi seimbang lainnya, berolahraga teratur, dan rutin cek kesehatan.
Semoga Membantu 🙂
07:48 11/11/2021