[Kehamilan]
nimas wulandari27
Makanan yang mengurangi mual muntah pada bumil?
19:16 11/11/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Nimas,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: Berikut Makanan untuk Menghilangkan Mual/Muntah pada Ibu Hamil: 1. Jahe > Jahe telah lama dikenal menjadi rempah yang bermanfaat untuk menangani gangguan perut, terutama mual dan muntah. Rempah ini mengandung senyawa bioaktif yang berinteraksi dengan perut dan sistem saraf pusat untuk meredakan mual. 2. Makanan tinggi karbohidrat > Sebagian besar dokter kandungan merekomendasikan makanan kaya karbohidrat untuk menghilangkan mual dan muntah, seperti biskuit, nasi, mi, kentang, pasta, dan roti. Makanan ini mampu membantu menyerap asam lambung, sehingga perut Bumil akan terasa lebih nyaman. 3. Makanan tinggi protein > Studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dapat mengurangi gejala mual pada ibu hamil, bahkan lebih baik dari makanan tinggi karbohidrat. Selain aneka daging, tahu, atau tempe, kacang atau selai kacang juga dapat menjadi pilihan makanan tinggi protein selama Bumil tidak alergi. Makanan tinggi protein diduga dapat meningkatkan produksi hormon gastrin. Hormon ini membantu menormalkan gerakan lambung yang cenderung berlebihan ketika mual, sehingga makanan yang ada di dalam lambung tidak dimuntahkan. 4. 4. Berbagai jenis sup Aneka sup lebih mudah ditoleransi oleh ibu hamil yang gampang mual, karena makanan ini cenderung dicerna dengan cepat oleh lambung. Semangkuk sup ayam dapat mengandung garam dan kalium, sehingga bagus untuk mengganti elektrolit yang hilang setelah muntah. 5. Makanan dingin > Jika aroma sup ayam atau kuah apa pun masih membuat mual, Bumil mungkin lebih mampu menoleransi makanan dingin daripada yang hangat. Es krim, buah potong dingin, atau yoghurt dapat menjadi pilihan karena umumnya makanan ini tidak beraroma kuat. Selain dengan beragam makanan di atas, Bumil juga harus mencukupi kebutuhan air mineral harian. Bumil bisa memasukkan irisan lemon atau jahe ke dalam secangkir air hangat untuk membantu meredakan mual. Hindari minuman berkafein atau minuman mengandung susu, karena minuman ini bisa membuat Bumil semakin mual. Di bawah ini adalah panduan pola makan untuk mencegah dan mengatasi mual: Makan dengan porsi kecil tetapi sering. Hindari konsumsi makanan berminyak. Minum sedikit demi sedikit. Siapkan makanan pereda mual yang praktis untuk waktu-waktu tertentu, misalnya ketika terbangun di malam hari. Hindari langsung berbaring setelah makan, setidaknya sampai 30 menit setelah makan. Konsumsi camilan tinggi protein sebelum tidur. Semoga Membantu 🙂
07:20 13/11/2021