[Lainnya......]
Mutiara Rohmah
Ada pasien pasca bedah, dan riwayat penyakitnya kanker kolon kira kira bagus diberi diet apa ya?
21:04 13/11/2021
Hallo Kak Mutiara,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
(Diet Kolostomi)
1. Meningkatkan frekuensi makan hingga 3-5 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil. Porsi makanan yang sedikit namun sering lebih dapat diterima oleh tubuh dan akan mengurangi produksi gas.
2. Menjadwalkan jam makan di waktu yang sama setiap harinya untuk membantu usus beradaptasi dengan kondisi setelah kolostomi dan melancarkan pergerakan usus.
Mengunyah makanan secara perlahan hingga benar-benar lumat, untuk mencegah penyumbatan di usus.
3. Tidak menggunakan sedotan saat minum, mengurangi konsumsi permen karet, dan menghentikan kebiasaan bicara saat makan, untuk mengurangi gas dalam saluran cerna.
Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sekitar 8-10 gelas per hari, namun jangan bersamaan dengan makan. Pasien kolostomi berisiko kehilangan air yang lebih banyak karena fungsi usus besar untuk menyerap air akan berkurang.
4. Membuat catatan terkait jenis makanan yang dikonsumsi, cara mengolahnya, dan reaksi buruk yang muncul, misalnya diare, sembelit, kembung, atau nyeri perut. Selain membantu pasien untuk memantau dietnya, catatan ini juga akan membantu Ahli Gizi dalam memilih jenis makanan yang cocok bagi pasien.
Berikut ini adalah jenis makanan yang disarankan untuk pasien Pasca Bedah Dengan Riwayat kolostomi dan cara mengonsumsinya:
1. Susu dan produk olahannya > Beberapa pasien dapat mengalami intoleransi laktosa setelah menjalani kolostomi, sehingga disarankan untuk mengonsumsi susu atau produk susu, seperti keju dan yoghurt, secara perlahan.
Batasi konsumsi susu murni atau whole milk dan olahannya, dan ganti dengan susu skim atau susu rendah lemak. Jika mengalami diare setelah mengonsumsi susu sapi dan produk olahannya, gantilah dengan susu kedelai, susu almond, atau susu bebas laktosa.
2. Makanan berprotein tinggi > Daging tanpa lemak, ikan, dan daging unggas tanpa kulit merupakan sumber protein hewani yang baik untuk pasien setelah menjalani kolostomi. Telur boleh dikonsumsi, tapi jangan terlalu banyak, cukup satu butir sehari.
Kacang-kacangan dan jamur adalah sumber protein nabati yang baik, namun pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedikit dan mengunyahnya hingga halus sempurna, untuk menghindari masalah pada usus.
3. Makanan rendah serat > Makanan rendah serat, seperti roti tawar dan nasi, baik untuk dikonsumsi pasien kolostomi. Sedangkan makanan berserat tinggi, seperti nasi merah, quinoa, dan roti gandum, sebaiknya dibatasi pada beberapa minggu awal setelah operasi, lalu bisa mulai dikonsumsi satu per satu secara bertahap.
4. Sayuran > Jenis sayur yang dianjurkan adalah sayur tanpa kulit dan biji, seperti wortel, buncis, tomat yang dikupas, dan selada. Sayur-sayuran tersebut harus dimasuk dulu hingga matang.
Sedangkan jenis sayur yang harus dihindari adalah bawang, kembang kol, asparagus, brokoli, dan kubis, karena dapat meningkatkan produksi gas.
5. Buah > Jenis buah yang baik untuk pasien kolostomi adalah pisang, semangka, dan melon. Sementara apel, stroberi, bluberi, dan anggur boleh saja dikonsumsi, asalkan dikupas dulu kulitnya.
6. Lemak > Pasien kolostomi dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan berkadar lemak tinggi, misalnya makanan yang digoreng atau daging yang berlemak, karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.
Lemak yang direkomendasikan adalah lemak sehat yang berasal dari minyak zaitun dan minyak ikan.
Tidak hanya makanan, jenis minuman yang dikonsumsi oleh pasien kolostomi juga perlu diperhatikan. Selain air putih, pasien kolostomi juga bisa mengonsumsi jus buah dan sayuran, sesuai jenis yang telah direkomendasikan di atas.
Sebaiknya batasi minuman yang mengandung kafein, soda, atau banyak gula, karena dapat menyebabkan gas berlebih. Guna membantu mencukupi kebutuhan elektrolit, pasien kolostomi disarankan untuk mengonsumsi minuman berelektrolit.
Demikian jawaban dri saya...
Semoga Membantu 🙂
Apa masih ada yg mau ditanyakan?
08:27 17/11/2021