[Masalah Berat Badan]
anonim
Bagaimana cara diet terbaik utk wanita yg sdh menopause? Apakah intermitten fasting diperbolehkan? Apabila boleh bagaimana dengan efek samping osteoporosis?
08:48 15/11/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk wanita yang sudah menopause, ada beberapa hal yang diperhatikan yaitu mulai kehilangan massa otot dan mendapatkan lebih banyak lemak khususnya di area perut. Selain itu, bisa juga ada risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan osteoporosis. Beberapa tips untuk diet bagi wanita menopause, antara lain : - memperbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Yang mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. - memperbanyak minum air putih - mengolah makanan dengan cara merebus, menumis, mengukus, dan memanggang. Kurangi makanan yang digoreng. - memperhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi. untuk mengatasi osteoporosis, bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium, vitamin D, zink, dan fosfor. Seperti susu, ikan, telur, dan bisa juga dengan berjemur di pagi hari. Diet intermitten fasting diperbolehkan, asalkan dapat menyesuaikan dengan kondisi fisik tubuh. lebih detailnya, ada dalam artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2020/10/16/diet-intermittent-sehatkah/ Semoga dapat membantu.
10:50 04/12/2021