[Kehamilan]
anonim
Apakah overweight bisa mempengaruhi waktu menstruasi?
17:18 20/11/2021
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Menstruasi merupakan hal yang dialami setiap wanita subur. Normalnya menstruasi berlangsung selama 2-7 hari dengan jarak setiap 21-35 hari sekali. Siklus ini dimulai saat masa remaja dan berakhir (menopause) pada usia 45-55 tahun. Pada menstruasi dapat mengalami beberapa gangguan seperti yang Anda alami.
Kegemukan pada wanita dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yaitu estrogen dan progesteron. Bila terjadi ketidakseimbangan hormon tersebut dapat mempengaruhi pelepasan sel telur dari indung telur dan juga siklus haid yang tidak teratur sehingga menurunkan kesuburan. Semakin gemuk seseorang maka penurunan peluang untuk hamil semakin besar.
Untuk itu turunkan berat badan secara perlahan dengan diet sehat agar berat badan mencapai ideal. Berikut tipsnya:
1. Hindari makanan berlemak tinggi seperti daging merah, kulit, gorengan.
2. Hilangkan kebiasaan ngemil.
3. Hindari makanan manis seperti kue, teh manis, soft drink, dsb.
4. Berolahraga secara rutin dan teratur 3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap sesi. Pilih olahraga seperti lari pagi, bersepeda, atau senam.
5. Tingkatkan asupan serat dan buah.
6. Banyak minum air putih.
7. Hindari stres psikologis.
8. Beristirahat cukup.
9. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.
Turunkan berat badan secara perlahan karena bila diet ketat dan menurunkan berat badan secara drastis juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal yang berujung menurunkan kesuburan. Dengan menjaga berat badan ideal, bukan hanya mencegah penurunan kesuburan namun juga mencegah banyak penyakit lain yang dapat ditimbulkan akibat kegemukan.
Sekian Penjelasan Dari Saya
Semoga Membantu 🙂
05:41 21/11/2021
anonim
Cara menahan nafsu untuk ngemil biasanya bisa pakai apa ya kak?
05:44 21/11/2021
Ngemilnya Boleh pakai Buah & Perbanyak Konsumsi Air Putih, Apa masih ada yg mau ditanyakan?
08:39 21/11/2021
anonim
Untuk penderita TB inaktif apa ada makanan yg perlu dihindari?? Dan untuk menjaga kesehatan paru2 apa yg bagus dikonsumsi?
12:11 21/11/2021
Bahan Makanan yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan:
Terdapat beberapa bahan makanan yang dianjurkan dan dibatasi untuk pasien TB antara lain :
a) Tingkatkan asupan protein dengan mengonsumsi : daging tanpa lemak, telur, tempe, tahu, susu
b) Kebutuhan lemak cukup, dengan mengutamakan sumber lemak jenuh seperti : kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, ikan,
minyak nabati. Hindari pengolahan makanan dengan digoreng karena dapat merangsang batuk
c) Karbohidrat dibatasi jika terjadi sesak nafas, sumber karbohidrat yang dianjurkan meliputi : nasi, kentang, roti, gandum
d) Batasi konsumsi makanan terlalu manis : gula, sirup karena dapat merangsang batuk
e) Perbanyak konsumsi antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti :
Vitamin A (Wortel, Tomat, Labu kuning, Mangga)
Asam askorbat / Vitamin C : Jeruk, kiwi, strawberry, jambu biji
Zat besi : Daging merah, bayam, brokol
Seng : seafood, bayam, brokoli
Vitamin D: Ikan, Kuning telur, Susu dan produk susu
Selenium: ikan, daging, seafood
f) Minuman yang dihindari : minuman berkafein (kopi, coklat, soda, minuman berenergi)[ berkarbonasi (soft drink); minuman kemasan.
13:00 21/11/2021
anonim
Terima kasih banyakk. Semoga ilmunya bermanfaat
13:04 21/11/2021