[Lainnya......]
Anggun Nanda
Hallo kak , saya mau tanya diet diare akut cair dengan penyakit bawaan epilepsi apa ya kak
10:41 22/11/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Untuk kondisi diare, membatasi asupan serat untuk sementara waktu sampai diarenya sudah tidak berkelanjutan.
Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi pengidap epilepsi:
Daging dan makanan laut. Misalnya, daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan ikan. Makanan ini kaya lemak dan protein yang baik untuk pengidap epilepsi. Daging juga kaya mineral seng yang berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh.
Protein, baik protein nabati maupun protein hewani. Pengidap epilepsi dianjurkan memenuhi sebagian besar piring makan dengan asupan berprotein. Sumber protein nabati antara lain kacang - kacangan, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Sedangkan, sumber protein hewani antara lain daging dan telur.
Sayur dan buah - buahan. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks, antioksidan yang mencegah kerusakan sel tubuh.
Epilepsi dapat dicegah dengan mengelola stres, menghindari aktivitas fisik yang berlebihan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan menghindari alkohol.
Terapi tambahan spt aromaterapi. Terapi ini membantu mengendalikan stres, memperbaiki suasana hari, dan meningkatkan kesehatan fisik maupun emosional.
15:16 22/01/2022