[Lainnya......]
Trevino Pakasi
Diet untuk orang gagal ginjal dengan anemia
16:55 27/11/2021
Hallo Kak Trevino,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Diet pada gagal ginjal mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi memperlambat perkembangan penyakit. Penyebab dan berbagai keadaan yang memperburuk gagal ginjal harus segera dikoreksi. Diet rendah protein , Protein = 0,6 – 0,8 gr/kg BB (memperlambat perkembangan gagal ginjal kronis). Tambahan vitamin B dan C diberikan jika penderita menjalani diet ketat atau menjalani dialisa.
Jenis diet pada gagal ginjal
Diet rendah protein (RP) I: Asupan protein 30 g dan diberikan kepada pasien dengan berat badan 50 kg.
Diet RP II: Asupan protein 35 g, untuk pasien berat badan 60 kg.
Diet RP III: Asupan protein 40 g, pasien dengan berat badan 65 kg.
Syarat diet gagal ginjal dengan dialisis menurut Almatsier (2008) adalah:
Protein = 12,5% dari energi total.
Karbohidrat = 65% dari energi total.
Lemak = 22,5% dari energi total.
Kalsium = 1000 mg/hari.
Fosfor < 17 mg/kg BB ideal.
Sumber Makanan yang dianjurkan > Gula, selai, sirup, permen, madu untuk menambah energi (suplemen), agar- agar, jelly, Lemak Minyak jagung, minyak kacang tanah, minyak kelapa, minyak kedelai, minyak kelapa sawit, dan margarin rendah garam, Sayur Semua sayuran kecuali untuk pasien dengan heperkalemia,Buah Semua buah kecuali untuk pasien hyperkalemia,Bumbu Bawang merah, bawang putih, lada, kunyit, jahe, ketumbar, salam, sereh, kayu manis, lengkuas.
Cara mengatur diet pada gagal ginjal, Makanan diberikan porsi kecil, padat kalori dan sering, misal 6x sehari. Pilih makanan sumber protein hewani sesuai jumlah yang telah ditentukan. Cairan lebih baik dibuat dalam bentuk minuman. Masakan lebih baik dibuat tidak berkuah, seperti ditumis, dipanggang, dikukus atau dibakar. Bila harus membatasi garam, gunakanlah lebih banyak bumbu seperti gula, asam dan bumbu dapur lainnya untuk menambah rasa ( lengkuas, kunyit, daun salam, dll ).
Hal yang perlu diperhatikan pada gagal ginjal , Sirup, madu, permen, sangat baik sebagai penambah energi, tetapi tidak diberikan dekat dengan waktu makan karena dapat mengurangi nafsu makan. Bila ada edema (bengkak di kaki), tekanan darah tinggi, perlu mengurangi garam dan menghindari bahan makanan sumber natrium lainnya, seperti soda, kaldu instan, ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan. Jumlah cairan yang masuk harus seimbang dengan cairan yang keluar (urin). Ingat cairan yang berlebihan akan membebani kerja ginjal yang fungsinya sudah berkurang.
07:59 16/04/2022
Trevino Pakasi
Maaf belum menjawab kebutuhan
12:37 15/04/2022
Trevino Pakasi
Pertanyaan saya bagaimana menyusu diet atau menu, lebih tepatnya, yang sesuai dengan kebutuhan pasien gagal ginjal
12:38 15/04/2022