[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Bahan makanan apa yg bisa menurunkan gula darah
15:33 30/11/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: _Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, protein, dan Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah, yaitu: 1. Kacang-kacangan Kacang-kacangan, seperti kacang badam atau almond, dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah. Hal ini diduga karena berbagai kandungan nutrisi di dalam kacang dan rendahnya indeks glikemik pada makanan penurun gula darah ini. Suatu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kira-kira 30 gram almond atau kacang-kacangan lain setiap harinya memiliki kadar glukosa yang lebih rendah dan stabil. 2. Tomat > Buah tomat mengandung anthocyanin dan likopen yang tergolong sebagai antioksidan. Zat yang terkandung dalam tomat ini bahkan dikatakan memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah. 3. Alpukat > Alpukat bisa menjadi salah satu pilihan makanan penurun gula darah. Berdasarkan penelitian, alpukat dapat menurunkan risiko diabetes berkat kandungan lemak sehat dan mineral di dalamnya. 4. Ceri > Selain tomat, buah ceri juga kaya akan anthocyanin yang mampu memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, hormon tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. 5. Makanan berprotein tinggi > Salah satu jenis makanan penurun gula darah yang efektif adalah makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan. Telur dan ikan juga mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga stabilnya kadar gula darah. Jenis makanan ini tak hanya baik untuk diabetes, namun juga dapat mencegah penyakit jantung. _Makanan penurun gula darah di atas dapat dicoba sebagai makanan utama atau camilan, namun Anda tetap disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Konsumsi makanan penurun gula darah juga sebaiknya dibatasi jika Anda sedang rutin mengonsumsi obat diabetes. Hal ini guna mencegah hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah. Perlu diingat bahwa makanan penurun gula darah saja tidak bisa mengobati diabetes dengan efektif. Penderita diabetes juga perlu rutin berolahraga, mengurangi stres, dan berhenti/Himdari merokok. Semoga Membantu 🙂
05:04 02/12/2021