[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya IRT jarang olahraga paling seminggu sekali. Tidak ada pembantu d rumah. BB 60 kg TB 158 cm. Berapa kalori yg harus saya makan agar berat saya 55 kg
09:32 02/12/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk tinggi badan 158 cm, berat badan idealnya adalah 54,3 kg dengan rentang 46,19-62,41 kg. Berat badan kakak 60 kg masih masuk ke rentang berat badan ideal. Namun, boleh saja untuk menurunkannya sampai 55 kg. Penurunan berat badan yang baik adalah 0,5-1 kg per minggu. Untuk jumlah kalori yang dikonsumsi, pada umumnya pada rentang 2000-2200 kalori tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktifitas sehari-hari. Namun, kakak bisa mencoba mengonsumsi pada rentang 1500-1700 kalori dalam sehari. Selain itu, bisa diimbangi dengan olahraga. Kalau belum terbiasa olahraga, bisa mulai dengan pemanasan dan jalan kaki sekitar 10-15 menit per hari. Jika sudah terbiasa, bisa mengikuti senam aerobik 1-3x seminggu. Semoga dapat membantu.
10:12 04/12/2021