[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
halo dok, izin bertanya. saya berusa 19 tahun. namun, sedari kecil saya memang sulit untuk BAB. misalnya hanya sekali seminggu. kira-kira, apa penyebab hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? terima kasih
15:52 03/12/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Dek,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate; _Berbagai Penyebab Susah Buang Air Besar Ada beberapa kondisi umum yang menjadi penyebab susah buang air besar, di antaranya: 1. Gaya hidup tidak sehat > Pola makan tidak sehat, seperti kurang mengonsumsi serat atau cairan, dapat memicu terjadinya konstipasi. Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar. Tak hanya konsumsi makanan tertentu, gangguan makan, malas berolahraga, atau kurang aktif bergerak juga ikut berkontribusi dalam menyebabkan konstipasi. 2. Kebiasaan menunda buang air besar > Beberapa orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, sering kali menunda pergi ke toilet ketika terasa ingin buang air besar. Perilaku menunda ini dapat menjadi salah satu penyebab susah buang air besar. Oleh karena itu, jangan lagi menunda bila Anda sudah mendapat ‘panggilan alam’ ini, ya 3. Pengaruh obat-obatan > Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar. Obat-obatan tersebut bisa berupa suplemen kalsium dan zat besi, obat antiepilepsi dan antidepresan, obat diare, obat diuretik, serta obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin. Selain itu, obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti antasida, dan kebiasaan menggunakan obat laksatif juga bisa menjadi penyebab susah buang air besar. 4. Kondisi medis tertentu > Meski jarang terjadi, susah buang air besar bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, dan kelenjar tiroid yang kurang aktif. Selain itu, konstipasi juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami penyakit radang usus, kanker usus besar, hingga kelainan saraf, seperti multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang. 5. Faktor psikologis > Gangguan psikis juga dapat menjadi penyebab susah buang air besar. Gangguan psikis ini meliputi stres, kecemasan, depresi, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual. _Karena penyebab buang air besar berbeda-beda pada setiap orang, cara untuk mengatasinya pun juga berbeda. Namun, konstipasi umumnya bisa ditangani dengan mengubah gaya hidup. Caranya adalah sebagai berikut: Cukupi kebutuhan air putih guna mencegah dehidrasi dan melunakkan tekstur tinja. Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan, sayuran, sereal, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yoghurt maupun kefir, untuk melancarkan pencernaan. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga, misalnya berjalan kaki selama minimal 15 menit dan dilakukan secara rutin. Jangan pernah menunda buang air besar dan segera ke toilet bila Anda mulai merasakan keinginan untuk BAB. _Penyebab susah buang air besar umumnya dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat agar pencernaan selalu lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga Membantu 🙂 Jika Masih Ada yg Ingin ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya...🙏
08:59 04/12/2021
anonim
terima kasih dok atas jawabannya, membantu sekali
12:17 04/12/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Sama-Sama Dek 🙂🙏
13:14 04/12/2021