[Lainnya......]
Tania 08
Makanan penambah sel darah putih
13:51 08/12/2021
Hallo Dek Tania,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
_Berikut makanan penambah sel darah putih:
1. Daging matang > Daging merupakan salah satu makanan penambah sel darah putih yang ampuh. Untuk memastikan manfaatnya untuk menambah sel darah putih, pastikan semua daging atau ikan harus dimasak secara menyeluruh.
2. Tahu > Jika tahu dalam keadaan dingin, potonglah tahu seukuran dadu dan rebuslah lima menit dalam air sebelum tahu akan dimasak dengan bahan makanan lainnya.
3. Olahan kacang > Pilihlah kacang yang segelnya divakum, atau selai kacang. Kacang panggang kalengan, kacang yang dikupas dan dipanggang juga termasuk makanan penambah sel darah putih.
4. Telur > Masaklah telur hingga matang, sampai bagian putihnya padat dan tidak berair. Anda juga dianjurkan untuk telur yang dipasteurisasi.
5. Olahan susu > Konsumsilah susu dan olahan susu seperti susu, yoghurt, dan produk susu lainnya yang sudah dipasteurisasi. Anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis keju, seperti cheddar, mozarella, dan parmesan sebagai makanan penambah sel darah putih.
6. Sumber karbohidrat > Roti, bagel, muffin, sereal, kerupuk, mi, pasta, kentang dan nasi merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi selagi dikemas dalam kemasan yang bersih dan dimasak sampai matang.
7. Sayur dan buah > Sayuran mentah, buah-buahan, dan rempah segar juga termasuk makanan yang bisa Anda makan untuk meningkatkan jumlah leukosit dalam darah. Pastikan Anda sudah mencucinya di bawah air mengalir hingga bersih.
Semoga Membantu 🙂
14:31 08/12/2021
Tania 08
Apakah orang tipes boleh memakan buah
06:45 09/12/2021
Buah yg Dianjurkan > 1. Alpukat
Alpukat adalah buah yang tinggi kandungan seratnya. Alpukat baik untuk dikonsumsi oleh penderita tipes yang mengalami sembelit. Hal ini karena serat yang terkandung dalam alpukat dapat melancarkan pergerakan usus, sehingga memudahkan buang air besar.
2. Pisang
Pisang juga aman dikonsumsi saat tipes. Tekstur pisang yang lembut dan lembek membuatnya mudah dicerna oleh penderita tipes. Selain itu, probiotik yang terkandung dalam pisang baik untuk sistem pencernaan dan dapat meringankan diare.
3. Semangka
Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan serat. Kandungan air dalam semangka dapat membantu mencukupi asupan cairan selama sakit tipes, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita tipes.
4. Jeruk
Jeruk juga termasuk buah yang tinggi kandungan air. Tak hanya itu, jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Oleh karenanya, jeruk aman jika dikonsumsi oleh penderita tipes.
Sebelum mengonsumsi buah, pastikan buah sudah dicuci hingga bersih menggunakan air yang terjamin kebersihannya. Selain itu, disarankan untuk mengupas buah-buahan yang akan dikonsumsi.
08:30 09/12/2021