[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Sy berumur 29th dan semenjak menikah&punya anak mudah lelah. Cek asam urat selalu tinggi,badan mudah pegal pegal
08:29 09/12/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: _Penyebab munculnya rasa lelah sangatlah beragam, seperti aktivitas berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, pola makan kurang baik, dan gaya hidup tidak sehat. Rasa lelah yang muncul dapat dikatakan normal jika dapat diatasi dengan istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas harian _Berbagai Faktor yg menyebabkan Asam Urat Tinggi: 1. Konsumsi makanan dan minuman tinggi purin berlebih Penyebab asam urat tinggi yang paling umum berasal dari makanan atau minuman tinggi purin. Pasalnya, asupan purin berlebih dari makanan dapat semakin menambah kadar purin alami di dalam tubuh. Semakin banyak purin di tubuh, semakin banyak pula zat asam urat yang akan terbentuk, hingga dapat menumpuk di persendian. Berbagai makanan yang dapat menjadi penyebab asam urat, yaitu: Alkohol. Minuman dan minuman mengandung pemanis. Sayuran yang mengandung purin tinggi, seperti bayam dan asparagus. Daging merah. Jeroan. Makanan laut (seafood), seperti tuna, sarden, teri, dan kerang. 2. Konsumsi obat-obatan tertentu Beberapa obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab Anda mengalami sakit asam urat, yaitu diuretik dan beberapa obat lain yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, seperti beta blockers dan ACE inhibitors, serta aspirin dalam dosis rendah. Mengonsumsi obat diuretik jangka panjang dapat membuat kadar asam urat dalam tubuh semakin tinggi. Pasalnya, obat jenis ini bisa membuat Anda lebih sering buang air sehingga mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Adapun kekurangan cairan dapat menghambat proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi sebab asam urat pada kemudian hari. 3. Penyakit atau kondisi medis tertentu Beberapa kondisi medis dapat menjadi penyebab kadar asam urat tinggi. Pasalnya, beberapa kondisi medis dapat memengaruhi cara ginjal dalam menyaring asam urat atau dapat menyebabkan asam urat diproduksi lebih banyak. Berikut ada beberapa kondisi medis tersebut: Penyakit ginjal American Kidney Fund menyebut, penyakit ginjal kronis dapat menyebabkan ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam menyaring limbah, termasuk asam urat. Kondisi ini menyebabkan asam urat tidak dapat keluar dengan maksimal sehingga menumpuk di persendian. Diabetes Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika kadar glukosa darah berada di atas normal, baik karena kurangnya insulin atau resistensi terhadap insulin. Penelitian menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi. Selain itu, resistensi insulin juga dikaitkan dengan obesitas dan hipertensi, yang juga merupakan faktor risiko asam urat lainnya. Psoriasis Memiliki psoriasis dan psoriasis arthritis bisa menjadi penyebab Anda mengalami asam urat. Dilansir dari Arthritis Foundation, pada psoriasis dan psoriasis arthritis, asam urat dianggap sebagai produk sampingan dari pergantian sel kulit yang cepat dan peradangan sistemik. Selain itu, beberapa kondisi medis lainnya pun disebut dapat menjadi penyebab asam urat Anda tinggi, seperti: Sleep apnea Penyakit jantung Hipotiroidisme Tekanan darah tinggi atau hipertensi Beberapa jenis kanker Beberapa kelainan genetik yang langka 5. Riwayat keluarga mengalami asam urat Terkadang, gen yang diturunkan dari orangtua atau keluarga membuat ginjal Anda tidak dapat mengeluarkan zat asam urat sebagaimana mestinya. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit asam urat, terutama jika anggota keluarga Anda, seperti orangtua atau kakek-nenek Anda, memiliki riwayat penyakit yang sama. 6. Berat badan berlebih atau obesitas Berat badan berlebih bisa menjadi faktor penyebab Anda terkena asam urat. Pasalnya, ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin. Kadar insulin di dalam tubuh yang jumlahnya berlebihan dapat menghambat kerja ginjal dalam membuang asam urat. Asam urat yang tidak bisa terbuang ini akhirnya akan menumpuk dan membentuk kristal di persendian Anda. 7. Kekurangan cairan atau dehidrasi Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah salah satu faktor penyebab kadar asam urat mudah melonjak tinggi. Pasalnya, asupan air yang cukup dapat membantu meningkatkan pembuangan asam urat berlebih. Sebaliknya, kurang cairan dapat mengurangi pembuangan asam urat melalui urine. Oleh karena itu, dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kambuhnya asam urat bagi Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit ini. 8. Pernah mengalami cedera atau baru operasi Cedera pada sendi atau baru saja melakukan operasi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asam urat. Namun, hal ini umumnya dikaitkan dengan penyebab terjadinya serangan asam urat, terutama jika sebelumnya sudah terbentuk kristal asam urat di persendian Anda. 9. Jarang berolahraga Jarang berolahraga adalah salah satu faktor penyebab asam urat muncul. Pasalnya jarang olahraga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami berat badan berlebih, atau bahkan obesitas. Adapun hal tersebut dapat menjadi pemicu asam urat. Di sisi lain, olahraga dapat mencegah kenaikan berat badan dan membuat jantung memompa aliran darah yang lancar untuk menyaring asam urat. Rajin olahraga juga dapat melatih persendian tubuh agar tidak kaku dan sakit. Hal ini tentu saja dapat mencegah asam urat kambuh serta mengurangi risiko terjadinya komplikasi asam urat pada masa mendatang. Semoga Membantu 🙂
08:44 09/12/2021