[Lainnya......]
anonim
Anak saya usia 5 tahun 8 bulan dan susah kalau disuruh makan. Makanan yg seperti apa saja ya buat anak saya supaya gizinya tercukupi dengan kondisi anak saya yang susah buat makan?
09:37 09/12/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Halo Bunda, untuk mengatasi Si Kecil yang susah makan, Bunda perlu mengetahui penyebab utama dari susah makan tersebut. Susah makan pada anak biasanya disebabkan oleh bosan dengan menu yang disajikan, trauma saat dipaksa makan, daya tahan tubuhnya sedang menurun, adanya gangguan pada mulut dan giginya, gangguan kesehatan seperti anemia, cacingan, dan sebagainya. Untuk membantu mengatasinya, berikut tips yang dapat Bunda lakukan: 1. Berikan makanan dalam porsi yang kecil namun sering 2. Kurangi camilan mendekati waktu makan besar 3. Atur waktu makan yang rutin, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur 4. Buat waktu makan yang menyenangkan, misalnya sajikan makanan dengan tampilan yang menarik dan suasana ceria 5. Minimalisir stres di saat makan misalnya dengan tidak komplain, berteriak, atau memaksa anak untuk makan 6. Makan di meja makan dan kurangi distraksi, misalnya televisi, handphone, dsb. 7. Gunakan peralatan makanan yang disukai Si Kecil 8. Ajak anak makan bersama dengan anggota keluarga yang lain dan beri contoh baik dengan makan makanan sehat 9. Batasi waktu makan maksimal 30 menit 10. Berikan menu makanan yang bervariasi baik dari rasa, tekstur, ataupun cara pengolahannya. Bunda, bisa memodifikasi menu makanan Si Kecil seperti macaroni schotel, Rolade daging sayur, nasi tim, dll
16:46 09/12/2021